1996 : Juventus Juara Liga Champions

Juventus, Juara Liga Champions

Pada hari ini, 22 Mei 1996, Juventus berhasil menjadi juara Liga Champions usai menyingkirkan Ajax Amsterdam. Bianconeri keluar sebagai juara dengan meredam perlawanan tanggu Ajax hingga babak adu penalti di Stadion Olimpico Roma.

Skuat Juve yang kala itu dilatih Marcelo Lippi sempat unggul terlebih dahulu menit ke-12. Fabrizio Ravanelli sukses memanfaatkan kesalahan bek Ajax Frank de Boer dan kiper Edwin Van Der Sar yang langsung menceploskan bola ke gawang kosong.

Ajax yang kala itu diperkuat bintang mereka, Jari Litmanen mampu menyamakan keduduka jelang turun minum. Litmanen membobol gawang Angelo Peruzzi usai memanfaatkan tendangan bebas de Boer.

Kecemerlangan kiper kedua tim membuat laga di babak kedua tak menghasilkan gol. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu sebelum masuk ke babak adu penalti.

Peruzzi tampil gemilang di babak adu penalti usai menggagalkan dua tembakan Ajax. Peruzzi mampu menggagalkan eksekusi pertama dari Edgar Davids dan eksekusi keempat dari Sonny Silooy.

Sementara keempat tendangan penalti Juventus semuanya mampu membobol gawang Van Der Sar. Keempat algojo tim ini kala itu adalah Ciro Ferrara, Gianluca Pessotto, Michele Padovalo, dan Vladimir Jugovic.

Pada musi tersebut, Juve pun berhasil mengukuhkan diri sebagai yang terbaik di Eropa. Bianconeri melengkapi trofi dengan menjuarai Piala Super Eropa usai mengalahkan Paris Saint-Germain di final.

Tanggal 22 Mei pun ternyata merupakan hari baik bagi Juventus. selain menjadi juara Liga Champions 1996 silam, Bianconeri pun hari ini baru saja menjuarai Coppa Italia usai mengalahkan AC Milan di final juga di Stadion Olimpico Roma.

Sumber : Metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *