Daftar Pesepak Bola Aktif Tertua dan Termuda di Indonesia

osvaldo-haay

Ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo saat ini menjadi turnamen tertinggi di sepak bola Indonesia. Oleh karena itu, turnamen jangka panjang tersebut banyak diisi pemain-pemain terbaik Indonesia.

Menariknya nama-nama pemain terbaik di Indonesia cukup beragam dari segi umur. Para pemain tersebut terdiri dari senior maupun junior.

Pemain senior merupakan deretan pemain yang bisa dibilang sudah melewati masa kejayaan. Namun, tenaga mereka masih dibutuhkan karena memiliki pengalaman segudang yang bisa diandalkan disaat melakoni laga krusial atau untuk membimbing pemain muda.

Di Indonesia sendiri pemain dengan usia paling tua dipegang oleh striker Arema Cronus, Cristian Gonzales dan juga gelandang Persiba Balikpapan, Bima Sakti. Kedua pemain tersebut saat ini sudah menginjak usia 40 tahun.

Akan tetapi, peran keduanya di klub sangat berbeda. El Loco (sapaan akrab Gonzales) masih menjadi andalan Singo Edan di lini depan untuk mencetak gol. Kendati sudah menginjak usia kepala 4, Gonzales tetap tak kehilangan ketajaman, dan itu dibuktikan dari koleksi 11 golnya untuk Arema di TSC 2016.

Pemain muda Persipura Jayapura, Osvaldo Haay mencetak gol perdana saat Persipura melawan Arema Cronus, Senin (24/10/2016) di Stadion Mandala, Jayapura. (GTS)

Sementara Bima Sakti bukan lagi pilar utama Beruang Madu di lini tengah. Mantan pemain Gresik United itu saat ini berstatus sebagai pemain cadangan, karena dia juga mengemban tugas sebagai asisten pelatih Jaino Matos di Persiba.

Pemain lain yang juga bisa dibilang sudah cukup uzur adalah bek Persija, Ismed Sofyan, gelandang Pusamania Borneo FC, Ponaryo Astaman, dan kiper Arema, Achmad Kurniawan. Ketiganya sekarang telah menginjak usia 37 tahun.

Sementara itu selain pemain tua, TSC 2016 juga diramaikan dengan kehadiran para pemain muda potensial. Nama-nama seperti jebolan eks timnas U-19, seperti Evan Dimas Darmono, Putu Gede Juni Antara hingga Hansamu Yama Pranata terus menunjukkan grafik meningkat.

Namun, uniknya rekor pemain termuda di TSC 2016 tidak muncul dari jebolan eks Garuda Jaya. Adalah gelandang muda Persipura, Osvaldo Haay yang baru menginjak usia 18 tahun.

Haay adalah talenta muda Papua yang berposisi sebagai gelandang tengah. Dia memiliki pergerakan yang apik dan juga visi mengirimkan umpan sangat baik.

Di TSC 2016, Haay baru bermain dalam sembilan laga. Namun, dia baru saja mencetak gol perdananya ketika membantu Mutiara Hitam menang 2-0 atas Arema Cronus di pekan ke-25.

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *