Flashback Euro 1996: Alfonso Perez Selamatkan Muka Spanyol Dari Kekalahan

Euro 1996, Alfonso Perez

Semenjak pertengahan abad 20, Spanyol selalu dinilai sebagai salah satu negara kuat dalam percaturan sepakbola Eropa. Juara Euro 1964 dan Runner Up Euro 1984 ini selalu diperhitungkan setiap kali Euro digelar setiap Euro diadakan empat tahun sekali.

Atas dasar yang sama, Spanyol kembali menjadi unggulan pada Euro 1996. Tergabung di Grup B bersama Prancis, Bulgaria, dan Romania, anak asuh Javier Clemente ini diunggulkan untuk bisa lolos ke babak knockout, kendati di grup tersebut terdapat tim kuat lainnya yaitu Prancis.

Pada pertandingan pertama Grup B, Spanyol harus berhadapan dengan tim besutan Bulgaria. Mengingat lawannya merupakan tim yang baru pertama kali berkompetisi di Euro, banyak pihak menjagokan La Furia Roja untuk menghancurkan Bulgaria pada pertandingan pertama.

Namun pada kenyataannya di lapangan, Spanyol kesulitan untuk menaklukan anak asuh Dimitar Penev tersebut. Bahkan mereka sempat tertinggal terlebih dahulu kala Hristo Stoichkov mencetak penalti ke gawang Andoni Zubizarreta pada menit 65. Namun beruntung bagi Clemente, ia memasukkan Alfonso Perez di menit 70 dan Striker Real Betis tersebut berhasil membuat perbedaan empat menit berselang.

Memanfaatkan tendangan Guillermo Amor yang sedikit melebar dari gawang Bulgaria, Alfonso Perez dengan sigap menyambut tendangan tersebut dan mengubah arah tembakannya. Alhasil kiper Bulgaria, Borislav Mikhailov mati langkah dan gagal mengantisipasi gol dari Alfonso tersebut. Skor 1-1 menjadi skor final pada pertandingan ini, sehingga Alfonso menjadi penyelamatan Spanyol dari kekalahan dari tim debutan.

Sumber : Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *