Kisah Klasik Indonesia di Rizal Memorial yang Abadi

rizal-memorial-stadium-tempat-laga-timnas-indonesia

Perjuangan timnas Indonesia di Piala AFF 2016 memang belum selesai. Tapi, kemenangan atas Singapura di Rizal Memorial Stadium akan menjadi kisah klasik yang abadi.

Dua kali menjalani dua laga krusial, dua kali juga Indonesia meraih hasil bagus saat melakoni pertandingan di Rizal Memorial Stadium. Dua kemenangan itu mempunyai arti sangat penting untuk skuat ‘Garuda’.

Indonesia meraih gelar juara terakhir di tahun 1991, saat berlaga di ajang SEA Games yang kala itu berlangsung di Manila, Filipina.

Di pertandingan final melawan Thailand, Indonesia memetik kemenangan lewat babak adu tendangan penalti. Sudirman menjadi penentu kemenangan Indonesia, setelah sebelumnya Edy Harto menepis tendangan pemain Thailand. Indonesia memetik kemenangan dengan skor akhir 4-3.

Berselang 25 tahun setelahnya, Indonesia mengulang memori yang bagus itu. Kali ini di laga terakhir Grup A ajang Piala AFF 2016, saat melawan Singapura.

Indonesia ada di posisi terjepit menatap pertandingan pamungkas Grup A melawan The Lions. Baru mengumpulkan satu angka, mereka ada di posisi paling buncit. Kemenangan wajib didapatkan saat melawan Singapura, sembari berharap Thailand tak bermain sabun dengan Filipina.

Ratusan pendukung timnas sempat dibuat was-was karena tim besutan Alfred Rield ketinggalan 0-1 di babak pertama. Seusai jeda, harapan Indonesia kembali terbuka saat Andik Vermansah menjebol gawang Singapura, seperti yang dilakukannya di Piala AFF 2012. Kemenangan Indonesia dipastikan dengan gol Stefano Lilipaly, yang merupakan gol pertamanya untuk tim ‘Merah-Putih’. Di laga lain, Thailand memenuhi janjinya bermain serius dengan mengalahkan The Azkals 1-0.

Dua cerita itu sepertinya akan begitu membekas dibenak para pendukung tim ‘Merah-Putih’, kemenangan ini berarti penting karena mengobati penantian panjang untuk melihat Indonesia melaju jauh di suatu turnamen, seusai mendapatkan sanksi dari FIFA selama satu tahun. Tak cuma itu, Indonesia juga mampu kembali menjejak ke babak semifinal setelah gagal dalam dua edisi terakhir.

Sementara Indonesia berpesta, Rizal Memorial Sports Complex ternyata sedang menghitung hari. Pemeerintah kota Manila sudah mencapai kesepakatan dengan sebuah konsorsium guna membangun pusat bisnis dan kondominium.

Komplek yang akan dirobohkan adalah Rizal Memorial Coliseum, yang merupakan ‘rumah’ bagi olaharaga bola basket, tenis, panahan, bola voli, dan baseball itu.

Protes atas rencana untuk melakukan pemugaran kompleks olahraga yang dibangun pada tahun 1934 itu sudah mendapatkan banyak protes dari banyak pihak. Apakah kita benar-benar butuh mall lagi? Demikian pertanyaan warga Manila untuk walikota mereka, Joseph Estrada.

Soal pusat perbelanjaan, salah seorang sopir taksi yang ditumpangi detikSport, Adrian Daynata, Martinez, mengungkapkan bahwa publik Manila sudah tak butuh lebih banyak mall lagi.

“Saya tak mengerti mengapa dibangun banyak mall. Ini hanya akan membuat kami menjadi lebih konsumtif lagi,” katanya dalam sebuah perjalanan menuju hotel Novotel, tempat timnas Indonesia menginap.

Andai Rizal Memorial Stadium bernasib seperti stadion Menteng dan stadion Lebak Bulus sebagai bagian dari pembangungan pusat bisnis di Manila, kenangan-kenangan indah Indonesia di stadion yang berkapasitas 12 ribu akan terus terekam di benak pemain, pelatih, dan juga para suporter tim ‘Merah-Putih’ yang memberikan dukungan langsung di sana. Rizal Memorial Stadium, selalu bersahabat untuk timnas Indonesia.

Perjuangan Indonesia di Piala AFF 2016, kini masih belum usai. Vietnam sudah menunggu di babak semifinal. Leg I akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12). Empat hari setelahnya, giliran Vietnam yang akan menjadi tuan rumah saat menggelar laga di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Mengutip ucapan bahasa tagalog sebagai penyemangat Baoz Solossa cs. agar bisa melaju jauh di Piala AFF 2016: Mabuhay, Indonesia!

Sumber : Detik.com

20 thoughts on “Kisah Klasik Indonesia di Rizal Memorial yang Abadi”

  1. Kisah Klasik Indonesia di Rizal Memorial yang Abadi. Nov 28 2016 Tapi kemenangan atas Singapura di Rizal Memorial Stadium akan menjadi kisah klasik yang abadi Dua kali menjalani dua laga krusial dua kali juga Indonesia meraih hasil bagus saat melakoni pertandingan di Rizal Memorial Stadium.

  2. KUMPULAN LIRIK LAGU SHEILA ON 7 RainbownightartYASA. Jan 19 2016 Sebuah Kisah Klasik Jabat tangan ku untuk untuk yang terakhir kali kita berbincang Yang bisa menghangatkanmu di setiap saat Aku memang nggak funky Hadapilah ini kisah kita takkan abadi Temani Aku layaknya gelap malam yang indah karna bintang o.

  3. Andik dan Comeback Indonesia Saat Lawan Singapura di Rizal . Nov 06 2018 Baca juga Kisah Klasik Indonesia di Rizal Memorial yang Abadi Kami selalu fokus untuk mendapatkan tiga poin di setiap pertandingan Kami memang sudah melangkah ke semifinal tapi kami akan mengerahkan kemampuan 100 persen di laga berikutnya tegas Kiatisuk menjelang laga penentuan saat itu.

  4. Penjara Tempat Pertama Rizal Ramli Beralih dari Fisika ke . Dec 13 2017 Rizal Ramli menceritakan kisah semasa muda Foto Iqbal Firdauskumparan Kalian yang belum pernah membaca biografi Rizal Ramli mungkin tak pernah menyangka ahli ekonomi yang satu ini sebelumnya pernah berkuliah di jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung ITB Ya saat itu Rizal muda memutuskan untuk kuliah di Fisika ITB lantaran dirinya .

  5. Biografi Rizal Ramli Izbio. Ia bisa menyelami dan berempati pada kaum miskin yang sulit menjangkau sandang pangan karena pernah merasakan kehidupan yang amat sulit di masa muda Sebagai aktivis dalam kapasitas sebagai Deputi Dewan Mahasiswa ITB Rizal Ramli merupakan salah satu motor penggerak aksi mahasiswa tahun 1978.

  6. Estrada Divonis Penjara Seumur Hidup Harta US 87 Juta Disita. Sep 12 2007 Joseph Estrada 70 terduduk lemas di kursi pesakitan Eks Presiden Filipina ini divonis penjara seumur hidup dan hartanya sebanyak US 87 juta disita Mantan aktor ini pun mengajukan banding.

  7. Kumpulan Berita STADION RIZAL MEMORIAL Bali United . Nov 20 2021 Kumpulan Berita STADION RIZAL MEMORIAL Bali United Mengusung Misi Bersejarah di Stadion Rizal Memorial.

  8. Sejarah Indonesia Rizal96s Blog. Prasejarah Secara geologi wilayah Indonesia modern untuk kemudahan selanjutnya disebut Nusantara merupakan pertemuan antara tiga lempeng benua utama Lempeng Eurasia Lempeng IndoAustralia dan Lempeng Pasifik lihat artikel Geologi Indonesia Kepulauan Indonesia seperti yang ada saat ini terbentuk pada saat melelehnya es setelah berakhirnya Zaman Es hanya .

  9. Media Lokal Bongkar Borok Ruangan Pers SEA Games 2019 . Nov 26 2019 Sejumlah kabar yang menyebut persiapan SEA Games 2019 sangat buruk sudah beredar luas di media Baca Juga Jadwal Siaran Langsung Timnas U22 Indonesia Vs Thailand di SEA Games 2019 Salah satu bukti ketidaksiapan panitia penyelenggaraan bisa dilihat pada tampilan Stadion Rizal Memorial salah satu venue SEA Games 2019.

  10. Sejarah Rizal96s Blog. Sejarah Lahirnya Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Ideologi dan dasar negara kita adalah Pancasila Pancasila terdiri dari lima sila Kelima sila itu adalah Ketuhanan yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusayawaratan perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh .

  11. Sejarah peradaban Indonesia Kuno halaman 1. Setelah user redeem point di platform pihak ke3 maka semua activity yang dilakukan menjadi tanggung jawab pihak ke3 Historia sebagai partner tidak bertanggung jawab apabila terjadi maintenance web maintenance produk dan atau hal hal lainnya yang terjadi di pihak ke3 maupun yang terjadi di Historiaid yang dapat mengganggu dalam .

  12. Escape Indonesia 2012 Sep by Regent Media Pte Ltd Issuu. Sep 16 2012 INDONESIA TM wwwescapesg WIN Voucher Menginap 2 Malam di The Spot Legian Bali BEIJING Kisah klasik di Hari Ini PLUS Taipei Taiwan Koh Samui Thailand Christchurch New Zealand.

  13. Baca Biar Beken The Alchemyst The Secret of the Immortal . Apr 26 2012 Kisah diawali dengan cepat oleh dua pasang saudari kembar Josh dan Sophie Newman Kedua remaja berusia 15 tahun ini tidak pernah menyangka bahwa selama ini mereka bekerja sambilan di toko buku milik seorang manusia abadi Siang itu Kamis 13 Mei hidup mereka berdua langsung berubah ketika beberapa orang dengan mantel panjang hitam .

  14. Anchor of Life PeristiwaPeristiwa Monumental Abadi . Di sini kita melihat sebuah ketaatan yang sama sekali tak berkaitan dengan Yesus harus membuktikan ketaatannya di hadapan Allah hanya agar menjadi corpus delicti bagi orangorang percaya bahwa seharusnya pun dapat meneladani Yesus agar menjadi juga corpus delicti sebagaimana yang diajarkan oleh pendeta Dr Erastus Sabdono dan dengan demikian .

  15. Link Live Streaming Persib Bandung Vs Persija Jakarta Liga . Nov 20 2021 Baca Juga Indonesia Masters 2021 Final Tunggal Putri Kisah Klasik Rival Abadi Kami mempunyai banyak pemain bagus di dalam tim jadi ketika dia harus bergabung dengan tim nasional ucap Kuipers soal absennya Victor Igbonefo Masih ada pemain lain yang bisa menambalnya Jadi tidak masalah kami siap untuk menghadapi Persija imbuhnya.

  16. 6 Album dengan Single Kedua Lebih Nendang Daripada Hit . Oct 31 2021 Liputan6com Jakarta Ada banyak album penyanyi Indonesia yang dirilis di pengujung dekade 1990 hingga awal 2000an yang abadi dan dikenang hingga kini Namun tak sedikit yang dinilai salah pilih single perdana oleh masyarakat Pasalnya lagu perdana itu kurang nendang di pasar dan kalah pamor dari single kedua Laporan khas Showbiz Liputan6com .

  17. sEjArAh Rizkiayuxia124s Blog. Semenanjung Malaya Bangsa Inggris mendirikan perusahaan dagang bernama EIC East India Company pada tahun 1600 yang bermarkas di Calanta India Pada akhir abad ke16 EIC mengadakan hubungan dengan beberapa tempat di Indonesia seperti Aceh Jayakarta Banjar Gowa dan Maluku.

Leave a Comment

Your email address will not be published.