Liga Champion Tandingan Diluncurkan Musim 2018/2018, Ini Daftar Pesertanya!

liga-champions-2018-2019

Liga Champion tandingan bukan tidak mungkin bakal diluncurkan pada musim 2018/2019. Namun pesertanya tidak datang dari klub-klub liga elite Eropa. Melainkan dari liga lain seperti Belgia, Denmark, Belanda, hingga Skotlandia. Mereka menganggap UEFA sudah berlaku tidak adil sehingga melakukan ‘pemberontakan’ ini.

UEFA memutuskan, mulai Liga Champions 2018/2019 akan ada perubahan besar. 16 dari total 32 tempat di babak penyisihan grup hanya menjadi miliki empat liga terbesar Eropa: Bundesliga, LaLiga, Serie A, dan Premier League. 16 tempat lain harus diperebutkan oleh liga-liga yang lebih rendah. Hal inilah yang membuat gerah liga-liga yang ‘diabaikan UEFA’ ini.

Mereka menganggap UEFA sudah berlaku tidak adil. Bukan sekadar mengkritik keputusan ini, klub-klub tersebut siap membentuk Liga Champions tandingan dan keluar dari kompetisi saat ini. Upaya membentuk liga baru ini disampaikan oleh perwakilan FC Copenhagen, Anders Horsholt kepada Reuters.

“Iya, memang benar. Jika kami tidak bergerak sekarang, kami akan melihat klub yang lebih besar semakin kuat dan besar, sementara klub-klub kecil seperti kami bakal semakin sulit bersaing (baik dari segi finansial maupun kualitas olahraga).”

Horsholt menyebutkan, dalam konsep Liga Champions tandingan ini, tim-tim peserta akan meninggalkan liga domestik mereka. Klub-klub itu yakin, langkah ini bisa menggembosi kekuatan Liga Champions ‘yang sebenarnya’.

Klub-klub yang berminat untuk tampil di liga ini adalah klub dari Denmark, Swedia, Norwegia, Belanda, Belgia, dan Skotlandia. Bukan hal mengejutkan jika klub-klub tersebut adalah klub yang liganya terdampak langsung oleh perubahan kuota peserta Liga Champions.

Sebelum ini, organisasi EPFL juga sudah mengkritik keras keputusan UEFA. EPFL menegaskan, klub-klub tidak pernah diajak berembug oleh UEFA, sehingga keputusan badan sepakbola Eropa itu bersifat sepihak dan menyalahi kesepakatan.

Sumber : Sidomi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *