Momen Piala Eropa : Gol Cungkilan Poborsky ke Gawang Portugal

Karel Poborsky scores the winning goal for the Czech Republic against Portugal at Euro 1996

Republik Ceko termasuk negara yang dijadikan sebagai kiblat sepak bola Eropa Timur. Mereka pun memiliki momen gemilang saat melaju ke final Piala Eropa 1996. Sukses itu tak lepas dari gol cungkilan yang langka dari Karel Poborsky ke gawang Portugal.

Pada pertengahan abad ke-20, kekuatan sepak bola Eropa Timur didominasi Cekoslowakia. Bukti kekuatan mereka adalah dua kali menyandang status runner up dan sekali juara Piala Eropa. Sayang, Piala Dunia 1994 menjadi event terakhir yang diikuti Cekoslowakia.

Setelah itu, wilayah ini terpecah menjadi beberapa negara. Meski begitu, bukan berarti kekuatan mereka juga ikut terpecah belah. Setidaknya, Eropa Timur masih bisa membanggakan kekuatan Rep Ceko yang bisa dijadikan sebagai kiblat.

Soal pengalaman, mereka memang tim yang baru aktif di era 1990-an. Namun, Rep Ceko selalu diberkati dengan kelahiran pemain-pemain hebat. Buktinya, mereka sempat menggebrak sepak bola Eropa kala baru pertama kali tampil di Piala Eropa pada 1996.

Kala itu, tim besutan Dusan Uhrin tersebut mampu melesat hingga Piala Eropa 1996. Pada fase kualifikasi, Rep Ceko lebih dulu bersaing dengan Islandia, Turki, Belanda, Kazakhstan, dan Latvia di Grup A. Tujuh kali menang, satu kali imbang, dan dua kali kalah, Rep Ceko tampil sebagai penguasa Grup A.

Setelah itu, tim berjuluk The Locomotive ini sukses lolos dari persaingan di Grup C yang dihuni Jerman, Italia, dan Rusia. Rep Ceko finis sebagai runner up setelah sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Sayang, lolos dari kandang harimau, Rep Ceko justru harus masuk kandang singa. Sebab, mereka harus bertemu tim sekaliber Portugal di perempat final. Untung, Rep Ceko diselamatkan magis Poborsky.

Pemain kelahiran 30 Maret 1972 itu memang jarang mencetak gol saat tampil bersama timnas. Tercatat, ia cuma mencetak delapan gol dari 118 pertandingan. Namun, salah satu golnya tercipta di saat yang dibutuhkan.

Kala Rep Ceko dan Portugal menemui kebuntuan saat bentrok di Villa Park, 24 Juni 1996, Poborsky muncul untuk membuat perbedaan. Berawal dari solo run yang melewati empat pemain Portugal, ia pun melepaskan tendangan cungkilan cantik ke gawang Portugal.

Kiper Vitor Baia yang sudah sedikit maju tak menyangka Poborsky akan melakukan tendangan seperti itu. Ia pun hanya bisa terperangah melihat bola melewati atas kepalanya. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta hingga akhir pertandingan. Gol itu yang membawa Rep Ceko melaju ke semifinal dan melawan Prancis.

Sejak itu, tendangan cungkilan tersebut dikenal sebagai ciri khas Karel Poborsky. Sayang, Rep Ceko gagal tampil sebagai kampiun. Pada final di Wembley Stadium, Rep Ceko menyerah 1-2 dari Jerman. Kemenangan Jerman ditentukan gol Olivier Bierhoff di menit 95 pada laga yang masih menerapkan sistem Golden Goal di babak tambahan itu.

Meski begitu, aksi Karel Poborsky saat itu tak akan bisa dilupakan publik hingga saat ini. Berkat aksinya pula timnya saat itu disebut sebagai Rep Ceko terbaik sepanjang masa. Sebab, hingga kini Rep Ceko tak pernah lagi melaju hingga laga final.

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *