Momen Piala Eropa : Gol Cungkilan Poborsky ke Gawang Portugal

Karel Poborsky scores the winning goal for the Czech Republic against Portugal at Euro 1996

Republik Ceko termasuk negara yang dijadikan sebagai kiblat sepak bola Eropa Timur. Mereka pun memiliki momen gemilang saat melaju ke final Piala Eropa 1996. Sukses itu tak lepas dari gol cungkilan yang langka dari Karel Poborsky ke gawang Portugal.

Pada pertengahan abad ke-20, kekuatan sepak bola Eropa Timur didominasi Cekoslowakia. Bukti kekuatan mereka adalah dua kali menyandang status runner up dan sekali juara Piala Eropa. Sayang, Piala Dunia 1994 menjadi event terakhir yang diikuti Cekoslowakia.

Setelah itu, wilayah ini terpecah menjadi beberapa negara. Meski begitu, bukan berarti kekuatan mereka juga ikut terpecah belah. Setidaknya, Eropa Timur masih bisa membanggakan kekuatan Rep Ceko yang bisa dijadikan sebagai kiblat.

Soal pengalaman, mereka memang tim yang baru aktif di era 1990-an. Namun, Rep Ceko selalu diberkati dengan kelahiran pemain-pemain hebat. Buktinya, mereka sempat menggebrak sepak bola Eropa kala baru pertama kali tampil di Piala Eropa pada 1996.

Kala itu, tim besutan Dusan Uhrin tersebut mampu melesat hingga Piala Eropa 1996. Pada fase kualifikasi, Rep Ceko lebih dulu bersaing dengan Islandia, Turki, Belanda, Kazakhstan, dan Latvia di Grup A. Tujuh kali menang, satu kali imbang, dan dua kali kalah, Rep Ceko tampil sebagai penguasa Grup A.

Setelah itu, tim berjuluk The Locomotive ini sukses lolos dari persaingan di Grup C yang dihuni Jerman, Italia, dan Rusia. Rep Ceko finis sebagai runner up setelah sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Sayang, lolos dari kandang harimau, Rep Ceko justru harus masuk kandang singa. Sebab, mereka harus bertemu tim sekaliber Portugal di perempat final. Untung, Rep Ceko diselamatkan magis Poborsky.

Pemain kelahiran 30 Maret 1972 itu memang jarang mencetak gol saat tampil bersama timnas. Tercatat, ia cuma mencetak delapan gol dari 118 pertandingan. Namun, salah satu golnya tercipta di saat yang dibutuhkan.

Kala Rep Ceko dan Portugal menemui kebuntuan saat bentrok di Villa Park, 24 Juni 1996, Poborsky muncul untuk membuat perbedaan. Berawal dari solo run yang melewati empat pemain Portugal, ia pun melepaskan tendangan cungkilan cantik ke gawang Portugal.

Kiper Vitor Baia yang sudah sedikit maju tak menyangka Poborsky akan melakukan tendangan seperti itu. Ia pun hanya bisa terperangah melihat bola melewati atas kepalanya. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta hingga akhir pertandingan. Gol itu yang membawa Rep Ceko melaju ke semifinal dan melawan Prancis.

Sejak itu, tendangan cungkilan tersebut dikenal sebagai ciri khas Karel Poborsky. Sayang, Rep Ceko gagal tampil sebagai kampiun. Pada final di Wembley Stadium, Rep Ceko menyerah 1-2 dari Jerman. Kemenangan Jerman ditentukan gol Olivier Bierhoff di menit 95 pada laga yang masih menerapkan sistem Golden Goal di babak tambahan itu.

Meski begitu, aksi Karel Poborsky saat itu tak akan bisa dilupakan publik hingga saat ini. Berkat aksinya pula timnya saat itu disebut sebagai Rep Ceko terbaik sepanjang masa. Sebab, hingga kini Rep Ceko tak pernah lagi melaju hingga laga final.

Sumber : Liputan6.com

23 thoughts on “Momen Piala Eropa : Gol Cungkilan Poborsky ke Gawang Portugal”

  1. 7 MOMEN PALING MENGEJUTKAN DI PIALA DUNIA . Jun 27 2014 Bukan Piala Dunia namanya kalo gak banyak kejutan yang terjadi Baru satu minggu berjalan udah ada aja halhal di luar prediksi yang bikin geger Gak ada yang namanya tim unggulan atau nonunggulan Siapa aja bisa menang Gak cuma pertandingannya ada juga pemainpemain yang bersinar dan penampilan spektakuler dari pemain yang sebelumnya gak terlalu dikenal.

  2. Cristiano Ronaldo Ngebet Jadi Pahlawan Portugal Malah . Portugal gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 setelah secara mengejutkan kalah 21 saat menjamu Serbia dalam lanjutan kualifikasi di Estadio da Luz Senin 1511 dini hari WIB.

  3. Momen Tak Terlupakan Sepanjang Masa di Pentas Piala Dunia . Jun 25 2018 2 Goal tangan Tuhan Siapa yg tidak tahu dengan Diego Maradona namanya masih dikenang ketika piala dunia bergulir dari musim ke musim dari generasi ke generasi pasalnya goal kontroversinya yg ia gunakan dengan tangan nya saat melawan Inggris saat bertemu di perempat final piala dunia berhasil mengubur mimpi Inggris untuk masuk final Maradona berhasil mencetak 2 goal .

  4. Momen Piala Eropa Gol Cungkilan Poborsky ke Gawang . Jun 07 2016 Mereka pun memiliki momen gemilang saat melaju ke final Piala Eropa 1996 Sukses itu tak lepas dari gol cungkilan yang langka dari Karel Poborsky ke gawang Portugal Pada pertengahan abad ke20 kekuatan sepak bola Eropa Timur didominasi Cekoslowakia Bukti kekuatan mereka adalah dua kali menyandang status runner up dan sekali juara Piala Eropa Sayang Piala Dunia 1994 menjadi .

  5. Momen Mane Beri Jersey ke Anak Gawang di Piala Super . Dalam momen yang tertangkap kamerawan si anak gawang kemudian mendekat dan memeluk Mane sebelum kemudian pergi meninggalkan Mane dengan jersey di tangan kanan bola di tangan kiri dan .

  6. Dinobatkan jadi Gol Terbaik Piala Asia Widodo Siapa . Sep 23 2020 INDOSPORTCOM Gol mantan pemain Timnas Indonesia Widodo Cahyono Putro ke gawang Kuwait pada Piala Asia 1996 baru saja dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia Gol Widodo mengalahkan gol pemain Lebanon Abbas Chahrour setelah dipilih melalui voting yang digelar Konfederasi Sepak Bola Asia AFC.

  7. Portugal Vs Serbia Ada Target Mudah Ronaldo dkk Incar . Nov 14 2021 AFPCARLOS COSTA Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo kiri merayakan gol penaltinya ke gawang Luksemburg pada laga lanjutan Grup A .

  8. 3 Fakta Menarik Usai Portugal Raih Hasil Imbang di Markas . Nov 12 2021 Portugal gagal mencetak gol ke gawang Irlandia Ini merupakan kegagalan pertama mereka mencetak gol dalam enam penampilan terakhir Terakhir kali mereka gagal mencetak gol saat menghadapi Belgia di Piala Eropa 2020 28 Juni 2021 Saat itu Portugal harus menelan kekalahan dengan skor 01 2 Rentetan kemenangan Portugal terhenti Hasil imbang .

  9. Momen Terbaik 5 Pemain Asia di Piala Dunia Liputan6com. Apr 05 2020 Park juga tampil dalam 3 Piala Dunia yakni 2002 2006 dan 2010 Momen terbaik Park terjadi pada Piala 2002 Saat itu ia baru berusia 21 tahun Tampil sebagai pemain pengganti Park mencetak gol kemenangan ke gawang Portugal Kemenangan tersebut membawa Korea Selatan lolos ke babak 16 besar sementara Portugal tersingkir di fase grup.

  10. Tak Hanya Piawai Menjaga Gawang 7 Kiper Ini Produktif . Oct 29 2019 Kiperkiper yang tak hanya piawai dalam menjaga gawang tapi juga produktif mencetak gol ke gawang lawan.

  11. VIDEO Momen Memalukan Kiper Meksiko Bintang Piala Dunia . Jan 03 2018 Berita video momen memalukan kiper bintang Piala Dunia 2014 Guillermo Ochoa yang akhirnya takluk dengan gol langsung dari sepak pojok.

  12. Rekap Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa . Nov 15 2021 INDOSPORTCOM Berikut rekap hasil kualifikasi Piala Dunia 2022 zona EropaSpanyol menang dan lolos langsung ke Qatar Portugal gagal dan harus tampil di babak playoff Pekan ini di tengah liburnya kompetisi domestik kembali digelar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Di zona Eropa sepanjang Minggu 141121 malam hingga Senin 151121 dini hari WIB digelar sejumlah .

  13. Video Lagi Ada Kiper Jebol Gawang Lawan dari Kotak . Feb 03 2020 Aksi kiper yang berhasil menjebol gawang lawan dari kotak penaltinya sendiri kembali terulang Kali ini gol tersebut tercipta di kompetisi Swiss Challenge League Tepatnya di laga antara Winterthur vs Chiasso pada hari Minggu 02022020 Saat itu .

  14. playland 88 slot

    Argentina Menunggu Messi Bola Liputan6com. Jun 07 2016 Momen Piala Eropa Gol Cungkilan Poborsky ke Gawang Portugal Mengenal Bintang Muda Piala Eropa Divock Origi Keputusan itu harus diambil Martino setelah Messi menjadi tumbal kemenangan Argentina atas Honduras pada laga uji coba.

  15. Cristiano Ronaldo Bidik Rekor Baru 800 Gol Laga Portugal . Nov 11 2021 Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo kiri merayakan gol penaltinya ke gawang Luksemburg pada laga lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Stadio Algarve Portugal Rabu 13102021 dini hari WIB.

  16. 10 Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia 2018. Jul 23 2018 Portugal harus terima ditundukkan Uruguay dengan skor akhir 12 di Babak 16 besar Piala Dunia 2018 Ronaldo tak mampu mengulang kejayaan Portugal saat berhasil menjadi juara Piala Eropa 2016 dan sekali lagi menahan impian menjadi juara Piala Dunia 2018.

  17. Momen Paling Diingat Sepanjang Piala Dunia KASKUS. May 06 2018 Mencetak gol bunuh diri emang hal yang paling dihindari seorang pemain sepakbola ya gan karena bisa bikin rekan setim dan suporter marah ke doi namun yang dialami Andres Escobar memang miri banget gan Garagara gol bunuh dirinya di piala dunia 1994 kapten Timnas Kolombia ini harus terbunuh setelah ditembak oleh anak buah gembong narkoba.

  18. 12 Momen Tak Terlupakan dari Final Piala Dunia 2018 . 12 Momen Tak Terlupakan dari Final Piala Dunia 2018 Blunder tendangan di depan gawang sehingga langsung disambar oleh Mario Mandzukic dan mencetak gol kedua untuk Kroasi.

  19. 7 Pelatih Asing Terdepak dari Persib Dejan Menyusul . Jun 07 2016 Momen Piala Eropa Gol Cungkilan Poborsky ke Gawang Portugal Bila mengacu pada sejarah sulit rasanya bagi Dejan bertahan lama duduk di kursi pelatih Maung Bandung Hingga pekan kelima TSC 2016 Maung Bandung masih tertahan di papan tengah klasemen tepatnya di peringkat ke8 dengan koleksi tujuh poin.

  20. Kalahkan Portugal Lolos Piala Dunia 2022 Mitrovic . Nov 08 2021 Bolanet Aleksandar Mitrovic melakukan aksi yang menarik saat merayakan sukses Timnas Serbia lolos ke Piala Dunia 2022Pemain 27 tahun menenggak cola sebelum merayakan momen bahagia itu di hadapan fans mereka Serbia berjumpa Portugal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Senin 16112021 dini hari WIB.

  21. 6 Momen Tak Terlupakan Di Piala Dunia EMrizal. Jun 22 2018 Itulah 6 momen tak terlupakan di Piala Dunia yang mungkin masih diingat oleh beberapa orang hingga sekarang Ikuti terus perkembangan berita seputar Piala Dunia 2018 Rusia dan jangan lupa follow EMrizal untuk mengetahui jadwal hasil dan prediksi Piala Dunia 2018.

  22. Momen Piala Eropa Awal Terciptanya Tendangan Panenka . Jun 08 2016 Sementara kiper Jerman Barat Sepp Maier bersiaga di garis gawang Di sinilah Panenka menciptakan tendangan yang mengabadikan namanya tersebut Dengan cerdik Panenka mencungkil bola menipu Maier yang salah menebak bola dengan melompat ke arah kiri Gol pun tercipta dan Ceko resmi menahbiskan diri sebagai juara Piala Eropa 1976.

  23. Serbia pecundangi Portugal demi pesan tempat ke Qatar . Nov 15 2021 Jakarta ANTARA Tim nasional Serbia memesan satu tempat ke Qatar untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022 selepas mempecundangi tuan rumah Portugal 21 dalam laga pemungkas Grup A kualifikasi zona Eropa di Stadion da Luz Lisbon Minggu waktu setempat Senin WIB.

Leave a Comment

Your email address will not be published.