Persib vs Persija : Ini Alasan Jakmania Dilarang Masuk Bandung

Persija Jakarta, Persib Bandung, Ridwan Kamil

Pelarangan suporter Persija Jakarta untuk menghadiri pertandingan di Kota Kembang melawan Persib Bandung, Sabtu (16/7) mendatang sangat disesali.

Operator Torabika Soccer Championship (TSC), PT. Gelora Trisula Semesta (PT GTS) menginstruksikan agar laga terpanas kedua tim tidak dihadiri oleh Jakmania di Bandung.

Sebelumnya, Ridwan Kamil selaku walikota Bandung mempersilahkan Jakmania untuk datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage untuk menyaksikan laga panas tersebut.

Menurut kang Emil, begitu ia biasa disapa, dirinya sudah mendapatkan dukungan dan persetujuan dari Kapolda Jabar Irjen Bambang Waskito.

Dalam pertemuan tertutup yang dihadiri oleh pentolan suporter Persija dan manajer Persib Haji Umuh Muchtar serta kang Emil, Kapolda Jabar akan menjamin keamanan Jakmania yang akan tandang ke Bandung.

“Saya yang undang. Kemarin saya sudah ketemu dengan pak Kapolda mengantar Jakmania, sehingga nanti insha Allah menurut pak Kapolda suporter Persija bisa hadir juga. Enggak ada masalah,” ujar Emil, sesuai laga Persib Bandung versus Mitra Kukar pekan lalu.

Jaminan yang diberikan oleh Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar ini dikeluarkan karena Jakmania hanya akan mengisi 10 persen dari kapasitas GBLA nanti.

“Tidak ada bedanya saat lawan Mitra Kukar (jumlah penonton tim tamu). Bedanya hanya mitos seolah akan terjadi sesuatu yang heboh. Itu mah mitos,” katanya seperti dikutip dari Simamaung.

Akan tetapi undangan dari Ridwan Kamil ditolak oleh PT GTS dengan pertimbangan faktor keamanan. Joko Driyono selaku Direktur Utama PT GTS masih melihat adanya pergesekan antara suporter kedua kesebelasan.

Namun demikian, Joko Driyono tidak memungkiri jika dikemudian hari laga tersebut akan bisa dihadiri oleh kedua suporter klub.

“Tentunya kita tidak boleh putus asa untuk mencari cara. Tapi untuk saat ini opsi agar suporter tidak ikut saat timnya bertandang menjadi pilihan tepat,” ungkapnya.

Pelarangan ini menimbulkan polemik, sebab akan menambah faktor gengsi dan juga mental berjuang kedua kesebelasan. Akan tetapi Umuh Muchtar memiliki pendapatnya sendiri.

“Yang dimaksud oleh PT GTS itu kalau Persija Jakarta main di Bandung, Jakmania tidak hadir. Begitu juga sebaliknya, Persib main di Jakarta, Bobotoh tidak bisa hadir,” ujarnya di kantor PSSI.

“Kalau nantinya pertandingan Persib Bandung versus Persija Jakarta tidak dihadiri oleh pentonton itu tidak tepat. Bubarkan saja GTS kalau pilihan itu dipakai. Tidak jelas kalau memang GTS menggunakan opsi tersebut.”

Sumber : Gilabola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *