Profil Stadion Piala Eropa: Stade Pierre Mauroy

Piala Eropa 2016, Stade Pierre Mauroy

Pesta sepak bola terbesar di Benua Biru bertajuk Piala Eropa 2016 sebentar lagi secara resmi akan digelar di Prancis. Ini kali ketiga dalam sejarah Prancis mendapat kehormatan  menjadi tuan rumah.

Total 51 pertandingan akan digelar dalam Piala Eropa 2016  ini. Terkait dengan itu, Federasi Sepak Bola Prancis sudah menyiapkan 10 stadion, termasuk beberapa stadion  baru. Salah satunya adalah Stade Pierre Mauroy yang terletak di sebelah utara Prancis. Ini adalah stadion terkenal dan sangat megah yang dimiliki Prancis.

Awalnya, nama stadion ini adalah Stade Lille Metropole dan resmi dibuka untuk pertama kali pada Agustus 2012. Namanya kemudian diubah menjadi Stade Pierre Mauroy untuk menghormati mantan Perdana Menteri Prancis yang sebelumnya juga menjadi Walikota Lille.

Stade Pierre Mauroy selama ini digunakan sebagai markas besarnya LOSC Lille Metropole. Mulanya pendirian stadion ini karena Lille yang turut berpartisipasi di kejuaraan Eropa memiliki markas yang dianggap tidak layak oleh UEFA.

Lille sebelumnya bermain di Stadion Grimonprez-Jooris. Pembangunan stadion baru ini menelan dana besar. Total biayanya diperkirakan menghabiskan dana sebesar 618 juta euro (sekitar 9,2 triliun rupiah).

Stadion ini memiliki dua lantai dengan kapasitas hingga 50.186 kursi penonton. Menariknya, atap stadion memiliki sistem penutup otomatis yang hanya memakan waktu 15 menit saja.

Selain itu, Stade Pierre-Mauroy juga sudah memenuhi standar HQE (High Quality Environment) karena sudah dilengkapi dengan panel-panel surya dan dua kincir angin yang terpasang untuk memberikan suplai listrik ke stadion. Di stadion ini akan digelar 6 pertandingan, 4 di antaranya adalah laga penyisihan grup, satu pertandingan babak 16 besar, dan satu pertandingan perempat final.

  • Stade Pierre Mauroy

Lokasi: Lille

Kapasitas: 50.000

Jumlah Pertandingan: 6

Diresmikan: 2012

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *